
UIN Siber Cirebon – Unit Pelaksana Teknis Pendidikan Jarak Jauh (UPT PJJ) Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan kurikulum berbasis digital dengan menggelar Forum Group Discussion (FGD) Review Kurikulum, pada 20–21 Oktober 2025 bertempat di Grage Hotel, Cirebon.
Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan Dr. H. Dadan Rahardian, ST., MM. sebagai narasumber utama yang membawakan dua topik strategis berkaitan dengan arah pengembangan kurikulum Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon dalam merespons regulasi terbaru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Pada sesi pertama dan kedua, Dr. Dadan memaparkan materi bertajuk “Strategi Penyelarasan Kurikulum PJJ Berorientasi Outcome-Based Education (OBE) Merespons Permenristekdikti Nomor 39 Tahun 2025”. Dalam sesi ini, ia menekankan pentingnya pergeseran paradigma kurikulum dari input-based menuju outcome-based, sebagai upaya peningkatan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat digital.
“Kurikulum PJJ perlu lebih fleksibel, berorientasi pada capaian pembelajaran, dan harus mampu menjawab tantangan pendidikan tinggi berbasis teknologi. Pendekatan OBE menjadi landasan penting untuk itu,” jelas Dr. Dadan.
Sementara itu, pada sesi ketiga dan keempat, Dr. Dadan melanjutkan dengan pembahasan bertema “Sinergi Program Micro Credential dalam Kurikulum PJJ UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Merespons Permenristekdikti Nomor 30 Tahun 2025.” Ia menyoroti urgensi integrasi micro credential sebagai solusi pembelajaran modular dan fleksibel di era digital, sejalan dengan arah kebijakan nasional pendidikan tinggi.
“Micro credential bukan hanya tren, tetapi kebutuhan. Ia memberi ruang bagi mahasiswa untuk memperoleh kompetensi spesifik dan dapat diakui secara akademik maupun profesional. Ini sangat relevan dengan karakteristik pembelajaran di Cyber Islamic University,” ungkapnya.
FGD ditutup dengan sesi Persiapan Tindak Lanjut Hasil FGD, yang memfokuskan pada penyusunan langkah strategis implementasi hasil diskusi ke dalam revisi kurikulum, serta penguatan kolaborasi lintas unit di lingkungan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon.
Kegiatan ini menjadi bukti konkret langkah UPT PJJ dalam memastikan kesesuaian kurikulum dengan perkembangan regulasi, serta menjawab tantangan transformasi digital dalam pendidikan tinggi berbasis keislaman dan teknologi.